Tuesday, July 24, 2012

< ! > IELTS: Listening Module - Section 2

Tipe Pertanyaan: Pilihan Ganda (multiple choice)

Ada 2 jenis pertanyaan pilihan ganda:
- Melengkapi pernyataan
- Pertanyaan

Pertanyaan pilihan ganda bisa meminta jawaban lebih dari satu

PREDICTION Skill
Garis bawahi kata kunci/keyword (kata yang kita anggap penting sebagai topic kalimat) pada pertanyaan
Garis bawahi kata kunci (kata yang kita anggap penting sebagai topic kalimat) pada pilihan jawaban

Hati-hati dengan synonym (paraphrase) dari kata-kata yang sudah kita garis bawahi di atas.
Kata-kata pertanyaan bisa berbeda dengan kata-kata dalam rekaman pembicaraan ; meskipun demikian, mereka memiliki arti yang sama (paraphrase)

Dengan fokus pada keyword, kita bisa memprediksi jawaban atas pertanyaan

Jika pilihan ganda memiliki banyak pilihan (lebih dari normal 4 pilihan), eliminisasi jawaban bisa membantu dalam menentukan jawaban. Caranya: jika kita sudah mengetahui bahwa sebuah jawaban salah, coret jawaban tersebut sehingga semakin mempermudah untuk menganalisa pilihan jawaban yang tersisa. Sebaliknya, beri tanda centang jika kita yakin jawaban tersebut benar.


Tipe Pertanyaan: Peta

Perhatikan peta dan tentukan titik acuan/posisi awal kemudian pelajari bagian peta secara keseluruhan

Perhatian label/bagian yang harus diisi dan prediksikan kata-kata yang akan disebutkan dalam rekaman pembicaraan sesuai dengan informasi dari peta

Harus sudah terbiasa dengan istilah-istilah arah:
On the left/right
On the top left/right of …
To my/our/your left/right
In the bottom/top right/left (hand) corner opposite …
Next/adjacent to …
Beside …
On the far/other side of;
In front of, across, behind, over there, etc


Tipe Pertanyaan: Melengkapi Rangkuman (Summary)

PREDICTION Skill
Jenis kata yang tepat untuk mengisi bagian kosong: (noun/verb/adjective)
Perhatikan topik kalimat (kalimat sebelum dan sesudah bagian kosong) supaya kita bisa fokus mendapatkan kata yang sesuai topik tersebut. Perhatikan synonym, kata-kata berbeda yang memiliki arti serupa.

No comments: