Tuesday, July 24, 2012

< ! > IELTS: Listening Module - Tips

Tips untuk Listening Module:

1. Dialog hanya diperdengarkan sekali.
Waktu jeda diberikan untuk memeriksa jawaban dan membaca soal.
Waktu membaca soal, garisbawahi atau highlihgt kata kunci (keyword) penting untuk membantu mendapatkan informasi yang dicari pada rekaman pembicaraan.

2. Ketika waktu untuk membaca soal sudah habis, segera mendengarkan mulai dari kata pertama.
Jangan khawatir jika belum membaca semua soal; masih ada kesempatan di akhir rekaman pembicaraan karena telinga kita sudah mendengar banyak informasi yang diperlukan untuk soal.
Jangan kehilangan acuan/tertinggal dalam mendengar di awal mendengarkan karena bisa berakibat negatif pada keseluruhan topik pembicaraan.

3. Waktu untuk memeriksa di akhir section harus digunakan untuk koreksi ejaan, atau membuat jawaban terlihat jelas. Dalam banyak kasus, tidak baik mengubah jawaban, kecuali kita cukup yakin bahwa jawaban kita salah; lebih baik biarkan saja jawaban yang sudah kita tulis

4. Gunakan singkatan ketika menjawab pertanyaan untuk memberi waktu pada mendengarkan. Ubah jawaban menjadi jawaban yang lengkap pada waktu memindahkan jawaban ke lembar jawaban.

5. Waktu mendengarkan, coba mendengarkan untuk 2 pertanyaan. Ini membantu untuk menghindari kehilangan acuan/tertinggal dalam mendengarkan. Setidaknya kita masih bisa menjawab pertanyaan ke-2 jika pada pertanyaan pertama, kita tidak bisa menjawabnya.

6. Untuk pertanyaan yang mengeja huruf, jawaban jangan sampai salah ejaan.
Hati-hati dengan huruf dan angka yang terdengar sama
A H 8
C G
W OO EE
eighty and eighteen
thirty and thirteen

7. Ada perbedaan dalam mendengarkan berita televisi dan mendengarkan pada test IELTS. Pada berita, kita mendengarkan untuk informasi global/umum sedang di IELTS kita harus mendengarkan untuk mendapatkan informasi yang spesifik yang dibutuhkan kemampuan mendengarkan dan membaca dalam waktu bersamaan.

8. Harus memindahkan jawaban pada lembar jawaban. Jika tidak, kita tidak mendapatkan nilai sama sekali.

No comments: