Sunday, September 23, 2012

< TJ > Grammar - 'get tired' (bentuk get + verb3)


By No Luciferan
7 Sept 2012
via facebook


< T >
ada kalimat begini.

He will get tired and sleepy the next day.

Mau tanya,
1. Kenapa musti,
he will 'get' tired.
Kenapa ga,
he will 'be' tired...
2. Apakah beda antara get tired & be tired??
3. Terus apa makna dari,
'the next day'.
Kenapa ga pake kata,
'tomorrow' saja.

Mhon dbntu ia mas sukses. Btw, nama anda spa?

< J >
1. Artinya sama, tapi struktur kalimatnya beda.
2. ‘Get tired’ menggunakan struktur ‘Linking Verb’ sedang ‘Be tired’ menggunakan struktur biasa (be + adj.)

Linking Verb:
a. Feel, look, smell, sound, taste
b. Appear, seem
c. Become (get, turn, grow)

Strukturnya: S + Linking Verb + Adjective
Jadi, adjective mengikuti linking verb, tapi adjective itu menerangkan subject, bukan menerangkan (linking verb).

3. Tomorrow itu acuannya dihitung dari hari ini. Kalau the next day acuannya bisa berubah-ubah tergantung konteks kalimat.
Contoh: I went to Bali on last Monday. On the next day, I went to Lombok. (misalnya saya berbicara hari Kamis ini. Jadi, saya pergi ke Bali hari Senin dan hari Selasanya saya pergi ke Lombok.)

I went to Bali on last Tuesday. On the next day, I went to Lombok. (misalnya saya berbicara hari Kamis ini. Jadi, saya pergi ke Bali hari Selasa dan hari Rabunya saya pergi ke Lombok.)

No comments: