Menulis berdasarkan informasi yang diberikan pada bacaan dan kuliah singkat
Sebelum menulis,
membaca sebuah bacaan (250-300 kata) selama 3 menit, kemudian dilanjutkan dengan
mendengar sebuah kuliah singkat (2-3 menit)
Sebelum menulis,
membaca sebuah bacaan (250-300 kata) selama 3 menit, kemudian dilanjutkan dengan
mendengar sebuah kuliah singkat (2-3 menit)
lalu diberikan waktu 20 menit untuk keseluruhan penulisan (plan, write, revise)
Tulisan yang efektif adalah 150-225 kata
Harus bisa melihat hubungan yang terjadi antara bacaan dan kuliah singkat.
Hubungan yang mungkin terjadi:
- isi kuliah setuju/tidak setuju terhadap isi bacaan
- isi kuliah memberikan pandangan berbeda terhadap isi bacaan
- isi kuliah menjelaskan hubungan sebab-akibat terhadap isi bacaan
- isi kuliah memberikan gambaran terhadap isi bacaan
- isi kuliah meragukan, menyangkal, bertentangan dengan isi bacaan
Harus bisa melihat hubungan yang terjadi antara bacaan dan kuliah singkat.
Hubungan yang mungkin terjadi:
- isi kuliah setuju/tidak setuju terhadap isi bacaan
- isi kuliah memberikan pandangan berbeda terhadap isi bacaan
- isi kuliah menjelaskan hubungan sebab-akibat terhadap isi bacaan
- isi kuliah memberikan gambaran terhadap isi bacaan
- isi kuliah meragukan, menyangkal, bertentangan dengan isi bacaan
Kemampuan note-taking sangat diperlukan untuk memastikan tidak ada poin-poin penting yang terlewatkan dalam kuliah singkat dan bacaan
Kemampuan synthesizing: kemampuan untuk menghubungkan poin-poin dalam kuliah singkat dan poin-poin dalam bacaan
Cara menulis:
Cara menulis:
1. Perencanaan (2 menit): mengurutkan/menyusun informasi yang ada untuk dijadikan acuan penulisan
2. Penulisan (15 menit): satu paragraf untuk satu poin/pikiran utama; berikan informasi pendukung dari kuliah singkat dan bacaan
3. Pemeriksaan/Perbaikan (3 menit): berikan waktu untuk memeriksa grammar dan vocabulary; koreksi jika ada kesalahan
Salah satu kriteria penulisan adalah coherence (pertalian/penyambungan antar kalimat yang jelas) sehingga kalimat mudah dipahami. Ciri penulisan coherent adalah penggunakan kata penghubung/transition word/connector. Gunakan transition word/connector yang sudah kamu kuasai/familiar.
Dalam menulis, selain menggunakan grammar dan vocabulary yang cukup luas, perhatikan juga kadiah penulisan berikut:
spelling: penulisan kata
capitalization: penggunaan huruf besar di awal kalimat, nama orang, nama kota, hari, bulan, dll
punctuation: tanda baca: titik, koma, titik koma, dash, dll
Kemampuan mengetik diharapkan cukup menunjang sehingga tidak mengganggu dalam menulis. TOEFL menyediakan cara/tool sendiri untuk copy, cut, dan paste teks di tempat/bagian layar untuk menulis.
Salah satu kriteria penulisan adalah coherence (pertalian/penyambungan antar kalimat yang jelas) sehingga kalimat mudah dipahami. Ciri penulisan coherent adalah penggunakan kata penghubung/transition word/connector. Gunakan transition word/connector yang sudah kamu kuasai/familiar.
Dalam menulis, selain menggunakan grammar dan vocabulary yang cukup luas, perhatikan juga kadiah penulisan berikut:
spelling: penulisan kata
capitalization: penggunaan huruf besar di awal kalimat, nama orang, nama kota, hari, bulan, dll
punctuation: tanda baca: titik, koma, titik koma, dash, dll
Kemampuan mengetik diharapkan cukup menunjang sehingga tidak mengganggu dalam menulis. TOEFL menyediakan cara/tool sendiri untuk copy, cut, dan paste teks di tempat/bagian layar untuk menulis.
No comments:
Post a Comment